Selasa, 08 Desember 2009

SEDIKIT PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN SAYA TENTANG KOPERASI

Kita ketahui bahwa koperasi adalah suatu badan usha dengan melandaskan kegiatan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asaskekeluargaan. Koperasi mempunyai tujuan yaitu untuk mensejahterahkan anggaotanya, dan koperasi juga biasanya di kendalikan bersama olehseluruh anggotanya.

Itulah penjelasan sinkat saya tentang koperasi yang saya ketahui. Pandangan saya tentang koperasi adalah dengan adanya koperasi itu sendiri sangat membantu untuk perekonomian rakyat baik yang menengah maupun menengah keatas. Seperti Koperasi Simpan Pinjam yang bergerak di bidang simpan pinjam di mana kita dapat meminjan uang tanpa harus dengan bunga, Koperasi Produsen dimana koperasi tersebut beranggotakan para pengusaha kecil (UKM) dan menjalankan kegiatan pengadaan bahan pokok untuk anggaotanya.

Sampai saat ini saya belum pernah menjadi anggota koperasi. Tetapi sewaktu saya duduk di bangku SMP, saya pernah menjaga koperasi di sekolah saya. Koperasi di sekolah saya bernama “KOPERASI UNIT SEKOLAH” seingat saya koperasi sekolah itu menjual peralatan sekolah bahkan adapun jualan seperti makanan-makanan dan harganya pun sangat terjangkau bagi kantong siswa. Maka dari itu banyak siswa-siswa yang sangat terbantu dengan adanya koperasi sekolah tersebut.

Demikianlah sedikit pengalaman saya di bidang koperasi, maka dari pengetahuan dan pengalaman saya tentang koperasi, dapat di simpulkan bahwa koperasi mempunyai peran penting bagi ekonomi rakyat dan koperasi juga dapat membantu, meringankan, dan mensejahterakan rakyat.

0 komentar: